Gunung Cikuray, Garut

Sumber foto : http://www.landscapeindonesia.com/

Gunung yang memiliki ketinggian 2.818 mdpl ini merupakan salah satu gunung yang terletak di selatan kota Garut, Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang dan Dayeuh Manggung. Gunung Cikuray termasuk sebagai gunung yang tidak aktif dan identik dengan bentuknya yang menyerupai kerucut raksasa. Oleh karena itu, berdasarkan karakteristik bentuknya, di gunung ini sulit ditemukan mata air sepanjang perjalanan menuju puncak. Jalur pendakian gunung Cikuray sangat unik dan menantang. Trek yang terjal dan sulit menjadi tantangan tersendiri dalam pendakian gunung ini. Puncak gunung ini dapat ditempuh dengan waktu 7-8 jam pendakian.

Untuk mencapai puncak Cikuray, umumnya para pendaki mengawali perjalanannya melalui desa Dayeuh Manggung kecamatan Cilawu, Garut. Dibanding dengan jalur Bayongbong atau Cikajang, jalur ini relatif lebih mudah untuk didaki menuju puncak. Dari terminal bus Guntur, Garut, dapat dilanjutkan dengan menggunakan angkot bernomor 06 yang memiliki trayek Garut-Cilawu dengan tarif sekitar Rp. 3000,-. Lalu turun di Patrol dan kemudian lanjut menuju perkebunan teh Dayeuh Manggung. Dari Patrol, pendaki dapat menyewa jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 20.000. Bagi yang ingin berjalan kaki, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam.




Perjalanan pemanasan ini akan berakhir di sebuah tempat yang biasa disebut Pemancar sebab di sana terdapat beberapa stasiun relay televisi seperti RCTI, TPI, TVRI, dan SCTV dan bisa dijadikan sebagai base camp sebelum melakukan pendakian. Selain itu, kebutuhan air bersih untuk pendakian bisa diambil di pos pemancar, setelah itu tidak akan ditemukan lagi sumber air bersih hingga menuju puncak. Kondisi jalan menuju pemancar sendiri merupakan jalan beraspal dan melewati pemukiman penduduk. Setelah itu akan melewati perkebunan teh dengan jalan berbatu dan cukup membosankan namun sangat indah pemandangannya.

pos Pemancar



 Setelah menyiapkan semuanya di camp Pemancar, pendakian dimulai dengan melalui jalan setapak perkebunan teh. Sehabis perkebunan teh, akan dijumpai jalur dengan bukit ilalang dan selanjutnya memasuki hutan yang semakin lebat ke dalamnya. Dari sinilah tantangan akan terjalnya gunung ini dapat dinikmati hingga menuju puncak bayangan. Waktu tempuh dari camp Pemancar menuju puncak bayangan sekitar 4-5 jam. Di sini pendaki dapat mendirikan tenda karena areanya yang cukup luas atau sekedar istirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak. Dari puncak bayangan, pendakian dilanjutkan agak ke kanan untuk menuju puncak Cikuray. Perjalanannya sendiri membutuhkan waktu sekitar 2- 3 jam pendakian. Jalur menuju puncak gunung ini sudah agak terbuka vegetasi hutannya dan berbatu sehingga dituntut untuk tetap hati-hati.

Jalur yang terjal dan menantang
Puncak bayangan
Hingga akhirnya sampai di puncak Cikuray, di sana terdapat sebuah shelter permanen yang bisa digunakan untuk tempat istirahat atau bermalam sekalipun. Namun sayang kelakuan 'Vandalisme' orang kita masih cukup tinggi. Terlihat di shelter ini banyak sekali coretan-coretan dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Area puncak Cikuray cukup luas dan dapat memuat hingga sekitar 10 tenda. Namun angin di area ini cukup kencang, oleh karena itu untuk dapat dijadikan pertimbangan jika ingin mendirikan tenda di sini.


Terhampar pemandangan yang indah sekali dari puncak, Gunung Papandayan terlihat jelas dari area ini serta lautan awan yang sangat indah. Selain itu kita juga dapat menikmati pemandangan kota Garut dari ketinggian di area puncak Cikuray. Untuk mendaki gunung Cikuray disarankan pada musim pendakian, khususnya musim kemarau jika ingin menikmati sajian indah di puncak gunung.
Tak lupa penulis mengingatkan untuk selalu bersahabat dengan alam dengan tidak merusaknya.
-salam lestari-


Shelter di puncak Cikuray
lautan awan di puncak gunung Cikuray
sumber foto : http://bolanghutan.blogspot.com/

44 comments:

  1. Gunung cikuray merupakan satu dari banyak gunung di indonesia yang wajib untuk dikunjungi oleh #sobatpejalan semuanya

    ReplyDelete
  2. klo mau tau buka atau tutpnya pendakian cikuray ngehubngn kemana yah? mohon bantuannya kaka

    ReplyDelete
  3. silahkan bisa menghubungi ke nomor ini 082120835884 (Dede Rohana), 087838391009 (Kang Dede), 0811139349 (Pak Yudi - BASARNAS). Jalur Cilawu : 089699835043, 087827497606 (Kang Ade) *

    ReplyDelete
  4. Untuk hari jumat aman buat mendakai ga ,,,karna cuaca saat ini hujan,,mohon pencerahan'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya mau naik hari apapun sih tidak masalah, yang terpenting kita bisa lihat keadaan cuaca sekarang ini. klo musim hujan seperti ini memang akan agak lebih banyak persiapannya. dan harus banyak pertimbangan dari segi fisik, segi skiil dan segi kesiapan tim yg lainnya. *

      Delete
  5. oom nanya doong, punya nomor kontak untuk sewa pickup ke pemancar gak??
    thx,

    fery,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuh, kalo itu kita ga ada niih :) tp kalo mau sewa pick up gitu gampang aja siih, dr terminal Guntur, Garut sewa aja angkot sampe ke Patrol. Trus sembari nanya2 sm supir angkotnya kalo mau sewa pick up. Malah kadang si angkotnya itu sendiri juga bisa di sewa mobilnya :)

      Delete
    2. Lebih enak jalan kaki gan,cape tapi asik,jamin puas deh gk bosenin soalnya panorama alam ma udaranya suejuk banget gannn.ingat jangan pernah potong kompas ya,apalagi masuk areal kebun teh.dijamin tersesat.ikutin aja jalur yg ada,jgn terkecoh sama tiang pemancar yg seolah2 udah deket.
      nyampe areal pemancar sekitar 2 jam,naiknya dari dayeuh manggung,disaranin brangkat sore sekitar jam 4.buka cam sebelum nyampe pemancar lebih mantep dibanding pemancar pas nya.sensasi malem nya luar biasa gan,endangggggg.......cobain deh,pagi harinya baru lanjut ke puncak,bawa air minum yg banyak,soalnya diatas gk ada mata air.
      buat yg takut ulet hati2 soalnya di areal mata air banyak bgt uletnya, hehehe

      salam

      sambawana

      Delete
    3. naaaah.... thnx buat share nya bro :) kami juga waktu kesana jalan kok dari patrol. lumayan siiih, tp itung2 pemanasan.

      We Care We Share :)

      Delete
  6. Lebih enak jalan daripada pake kendaraan,emang cape sih,tapi bisa bikin hati puass dengan panorama alam dan kesejukan udaranya.
    saya saranin kalo mau ke cikuray lewat jalur dayeuh manggung,dari jalan raya sore sekitar jam 4,ingat jangan pernah potong kompas apalagi masuk ke areal perkebunan teh,resikonya anda bakalan tesesat ( pengalaman saya di pendakian pertama ke cikuray )sampe pemancar jam 6,buka cam enaknya sebelum pemancar pas nya,kira-kira 3 km dari pemancar.rasain deh sensasi malam nya. mantappppppppp.pagi hari jam 6 mulai persiapan pendakian,bawa air minum,soalnya di atas gk bakal nemuin mata air.bagi yg takut ulet hati2 soalnya di areal mata air banyak bgt ulettt. hhehehe.



    salam SAMBAWANA

    ReplyDelete
  7. Thx buat Bro Tambora Travelling sudah share mengenai Gunung Cikuray.... Kalo menurut sy trek yg lebih asyikk lewat Bayongbong, disitu banyak tantangannya. Kalo mau turun agak susah cari trek awal kita naik, so... hati-hati untuk cari jalurnya banyak yg nyasar/tersesat. Trus kalo masih di kaki gunung persiapkan air karena agak susah kalo udah nyampe atas. Gut Lak guys...

    ReplyDelete
    Replies
    1. beeeuh, thnx juga nih shre nya. iyaaa memang lewat Bayongbong memang lebih menantang, namun dibutuhkan skill dan fisik yang lebih mumpuni. next time mungkin coba lewat jalur situ :)

      Delete
  8. baru pulang dari sana,, luar biasa dah cikuray,, track nya bener2 memacu adrenalin.. mantaappp

    ReplyDelete
  9. Ndakinya bener lutut ketemu dagu ya?? Br 2mgu lg sih mau siap2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya itu cuma penyebutannya aja kok, klo lebih jelasnya bisa dirasakan sendiri, hehe.. semoga sukses nanjaknya.. hehe

      Delete
  10. bro besok mau ke cikuray nih gunung cikuray gk di tutup kan bro,,?? punya kontak person bascamp cikuray gak..?? thnx sebelumnya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk contack basecamp sana kami tidak punya gan :)

      tp kalo mau kesana, yaaa kesana aja, rute udah jelas kok :)

      Delete
  11. Gan aku pemula naik gunung... Bakalan kuat ga ya sampe puncak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh bisa aja agan :)

      ane doain kuat gan, asal ada kemauan dan latihan fisik gan

      Delete
  12. Kalau nanti tanggal 10-11 cuaca dicikuray gimana gan ? Memungkinkan untuk naik kepuncak dengan aman kah ?

    ReplyDelete
  13. waduuh, aku bukan ahli cuaca niih :) berdoa aja gan semoga cuaca cerah teruus :)

    ReplyDelete
  14. kalo trek dari cilawu itu jelas g' gan jalurnya?

    ReplyDelete
  15. kalo trek cilawu itu jelas g' gan jalannya?

    ReplyDelete
  16. wah ikuray mantapz tuh saya ke sana waktu tahun kemarin keren pisan pemandangan nya...hehehehehe

    ReplyDelete
  17. Tambora travelling, ane 2 minggu lagi berangkat ke cikuray nih. #salampecintalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaaap.....mantap :)
      have a nice trip

      Delete
  18. Keren banget bro !
    Start dari Jalur cikajang lebih mantap turunnya baru lewat cilawu

    ReplyDelete
  19. ogi lasso04 July, 2014

    Kalo habis lebaran pendakian ditutup ga? Soalnya saya rencana mo mendaki kecikuray habis lebaran..

    ReplyDelete
  20. Skrg ni dsna lagi hujan terus g ya?
    Kalau ksna tanggal 1 agustus kira2 aman g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini temen-temen kami sedang mendaki ke cikuray hari ini, aman kok yang penting kita tau medannya dari cikuraynya ***

      Delete
  21. Pengen nanya nih temen-teman ada yang tahu ttg transportasi yg masih tersedia yg melayani Bandung-Garut untuk keberangkatan diatas jam 6 sore? Lalu untuk jalur pendakian Cilawu apakah cukup jelas bagi pendaki yang baru pertama kali menjelajagi Cikuray atau diasarankan untuk menyewa guide agar tidak tersesat dalam memilih jalur tersebut? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.....kalo transport bandung garut mah banyak kok :)
      kalo untuk jalur pendakian via Cilawu kebetulan kami blm pernah nyoba :D

      kalo mau tanya2 mungkin bisa interaksi di akun twitter kami : @TamboraID biar nanti bisa diteruskan kepada kawan2 pendaki lainnya

      trims :)

      Delete
  22. mimin yang ganteng yang cantik, boleh dong infonya mendingan kita bawa nasi atau berbentuk beras min? soalnya takut repot kalo masak disana karena cadangan air yang sedikit. insya allah tanggal 12 agustus malam kita mau jalan kesana min dari lebak bulus kalo mau ada barengan sms ke 083878251233 twitt : @ridwanfauzii21 . makasih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii juga kamu yang cakep :)
      kalo urusan perbekalan sih yaah menurut ane tergantung kenyamanan masing2 dan kondisi juga yaah. Tapi karna kondisi disana yang minim air, memang siih untuk perbekalan lebih enak bawa nasi jadi yaaah. Tapi perlu diperhatikan lama waktu kita dalam pendakian, mengingat makanan jadi itu rentan rusak/basi.

      Ingat, sumber karbohidrat dari makanan kan gak cuma dari nasi hehehe. Masih banyak bahan makanan yang mengandung sumber karbo sebagai pengganti nasi......trims :)

      Delete
  23. Desember pendakian cikuray buka nggak yaa manteman!? Mau jalan nee tanggal 21 malem sampe 24 desember..

    ReplyDelete
  24. Min minta kontak kalian dong, biar gampang cari info. Aku gatau jalan dan rncana minggu ini cikuray hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) silahkan kalo nanya2 kirim ke tambora.mail@gmail.com atau lewat twitter kami yah di @tamboraID

      Delete
  25. kalau jalur bandung deket lewat mana cikajang atau cilawu?
    kalau bawa motor bisa dipakirkan dimana yang aman?
    trims

    ReplyDelete
  26. om mau nanya kalau lewat bandung bagusnya ngambil dari cikajang atau cilawu yang terdekat?
    kalau pakai motor tempat aman parkirnya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru sempat respon, kebetulan kami cuma pernah melalui jalur cikajang, belum pernah lewat cilawu :)

      Delete
  27. kalo untuk jalur pendakian menuju puncak jelas ga ?

    ReplyDelete